Dijamin Lezat, Kumpulan Resep Hidangan Khas Lebaran A la Chef Hotel

Dijamin Lezat, Kumpulan Resep Hidangan Khas Lebaran A la Chef Hotel

Posted on

LirikLaguku.My.id – Lebaran identik dengan aneka menu bersantan. Dari mulai rendang, opor ayam, gulai, sambal goreng kentang, dan lainnya.

Hanya saja, para ibu rumah tangga seringkali masih bingung dalam mencari resepnya. Director of Marketing Communications ASTON Priority Simatupang Hotel & Conference Center Paundra Hanutama menjelaskan lewat program Lebaran Gateaway, masyarakat DKI Jakarta yang menunda mudik, bisa memilih berlibur di hotel dengan gaya staycation. Sehingga tak perlu lagi memasak menu Lebaran, justru berbagai resep dihidangkan ala chef hotel.

“Dengan Lebaran Gateaway mulai 13-27 Mei 2021 menginap 2 malam, dengan rate per malam Rp 550 ribu di Deluxe Room sudah bisa merasakan lezatnya menu opor ayam Lebaran. Tentu kami mendukung anjuran pemerintah untuk menunda mudik. Maka staycation di hotel paling praktis selama libur Lebaran. Sudah dapat breakfast dan lontong buat lunch atau dinner,” kata Paundra kepada LirikLaguku.My.id baru-baru ini.

Executive Chef Aston Priority Simatupang Hotel Jakarta Selatan, Chef Joko Hendrasto menyajikan berbagai resep lebaran bertema East Meet West. Hari pertama ia menyiapkan menu ketupat khas Padang dengan bumbu lebih merah. Dan haru kedua menghadirkan lontong opor dengan bumbu dominan putih.

“Tentu cita rasanya berbeda ya untuk kedua ketupat dan lontong itu,” kata Chef Joko.

Berikut adalah kumpulan beberapa resep hidanyan Lebaran ala chef hotel.

1. Lontong

Bahan-bahan
250 gr beras
600 ml air
1/2 sendok makan air bening kapur
Air jeruk nipis (optional)

Pelengkap :
Daun pisang batu, tusuk gigi

Cara Membuat :
Cuci beras dan buang air bilasannya, kemudian tiriskan selama kurang lebih 30 menit. Kemudian tambahkan air dan perasan jeruk nipis (optional), fungsinya agar warna lebih bersih dan tidak mudah basi. Lalu masak beras hingga mendidih.
Setelah terlihat mendidih tambahkan air bening kapur, ini bertujuan agar kenyal. Cukup beri sedikit saja, agar tidak pahit. Jika tidak ada bisa dilewati. Aduk beras sesekali agar tidak lengket, masak hingga air menyusut habis. Gunakan api sedang.

Setelah api dimatikan, kemudian angkat dari kompor dinginkan dengan kipas angin agar cepat dan aduk aduk hingga menggumpal dan lengket Dan sisihkan hingga benar benar dingin.

Siapkan daun pisang untuk membungkus, potong dengan ukuran cukup untuk 2x lipatan untuk membungkus lontong. Kemudian lap kedua sisi dan siapkan juga tusuk gigi untuk penyemat bagian kedua ujung.
Selanjutnya ambil daun dan letakkan 2 sendok adonan lontong, rapikan sebelum dilipat dan kemudian gulung rapi dan sematkan tusuk gigi untuk menutup kedua ujungnya. Lakukan hingga adonan habis.

Setelah dicetak semua siapkan panci dengan air yang banyak, masukkan lontong yang masih mentah hingga terendam. Lalu rebus dengan api besar hingga mendidih.

Ketika air mendidih kecilkan api dan masak hingga 2 jam dengan panci tertutup. Setelah 2 jam matang ambil lontong dan tiriskan berdiri hingga dingin dan kering. Semakin dingin lontong akam semakin padat. Dan lontong siap disajikan.

2. Sayur Papaya atau Labu

1 kg papaya atau labu parut
500 gr kacang Panjang ( potong Kecil kecil )
2 liter kaldu ayam/sapi
300 gr bumbu kuning
100 gr bumbu merah
50 gr ebi giling
300 cc santan
100 gr gula pasir
50 cc kecap manis
50 gr penyedap
50 gr lada garam
Sereh
Daun Salam

Cara Membuat:

Rebus santan dan kaldu dengan api kecil. Lalu masukkan semua bumbu dan juga bahan-bahan. Tunggu hingga mendidih dan sajikan.

3. Opor Ayam

1 ekor ayam (1 kg)
Minyak goreng
2 lembar daun salam
1 batang serai, dimemarkan
1 cm lengkuas, dimemarkan
4 cm kayu manis
750 cc santan dari 1 butir kelapa

Bumbu yang dihaluskan:
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sendok makan ketumbar
10 butir jintan
½ sdt merica bulat
2 cm jahe
2 cm kunyit
Garam
Merica secukupnya

Cara Membuat:

Potong-potong ayam jadi 10 bagian, kemudian goreng dalam minyak panas sampai warnanya kekuning-kuningan. Angkat dan tiriskan.

Panaskan 3 sendok makan minyak, tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan salam, serai, lengkuas dan kayu manis. Setelah baunya harum, masukkan santan dan ayam.

Masak terus sampai santan mendidih dan ayam lunak, angkat.

4. Sambal Goreng Hati

500 gram hati sapi
Minyak goreng
8 butir bawang merah, diiris
2 lembar daun salam
1 potong lengkuas, dimemarkan
1 batang serai, dimemarkan
250 gram udang tanpa kulit

Bumbu yang dihaluskan:
2 siung bawang utih
4 cabai merah
1 buah tomat
Garam
1 sendok makan gula jawa
2 cm terasi

Cara Membuat:

Potong-potong hati persegi 1 cm, bubuhi sedikit garam. Goreng dalam minyak sampai matang, angkat.

Panaskan 1 sendok makan minyak, tumis bawang merah dan bumbu yang sudah dihaluskan, masukkan daun salam, lengkuas dan serai. Aduk sampai baunya harum, masukkan udang.

Masak sampai udang matang dan warnanya berubah, baru masukkan hati goreng. Masak sampai kering, angkat.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani