alexametrics

DPR-Musikal dari Da Lopez Bersaudara, Kritik Dewan dan Rakyatnya

Posted on

Kakak beradik YouTuber Jovial dan Andovi da Lopez kembali dengan karya baru. Mereka merilis drama musikal bertajuk DPR-Musikal. Pembuatannya dilatari rasa tanggung jawab sosial.

DRAMA itu diunggah di akun mereka, SkinnyIndonesian24, pekan lalu. Hingga tadi malam, viewer-nya mencapai 5,3 juta. Video berdurasi 36 menit tersebut menguak tentang sisi gelap kehidupan para ’’manusia setengah dewa’’ yang duduk di Senayan. Orang-orang yang mereka anggap tak acuh kepentingan rakyat. Padahal, mereka dipilih oleh rakyat dengan penuh harap.

Produksi digarap serius. Dimulai 21 Oktober tahun lalu. Tidak sedikit adegan atau dialog yang sebetulnya terjadi di luar rencana. Dalam arti diubah karena banyak ide yang bermunculan di tengah pengerjaan.

Jovi mengungkapkan, niat membuat drama itu muncul setelah membaca cuitan anak SMP di Twitter yang mengutarakan kebenciannya terhadap anggota DPR. ’’Dan gue langsung kayak merasa punya tanggung jawab aja untuk ngejelasin apa yang dikerjakan DPR,’’ katanya.

Salah satu tugas DPR yang mereka tampilkan adalah merancang undang-undang (UU). Dikisahkan Mawar (Dwynna Wina), politikus muda berusia 24 tahun yang berhasil menggapai cita-citanya menjadi wakil rakyat. Idealis, kritis, tegas, berani, dan pastinya prorakyat.

Di hari pertamanya bekerja, dia mengajukan RUU (Rancangan Undang-Undang) Flora, Agrikultur, dan Kehutanan (FAK). Tujuannya, melindungi sumber daya alam supaya tidak terus digerogoti perusahaan rakus. Jalan Mawar tidaklah mulus. Niat baiknya itu mendapat penentangan dari rekan sesama anggota dewan. Yaitu, Januari (Andovi), Angel (Kezia Letheia), Juki (Excel Christian), dan Ketua Dewan Novan (Jovi).

Mereka mengecam keras usulan Mawar karena ada sejumlah pasal yang bisa menyulitkan pengusaha tamak dalam menjalankan usaha. Di dalam ruang rapat purapurna itu, Mawar dianggap anak baru yang sok tahu. Dengan segala bujuk rayu, Januari, Angel, dan Juki meminta Mawar merevisi sejumlah usulan pasal.

SkinnyIndonesian24 yang memiliki 3,23 juta lebih subscriber juga menampilkan latar belakang tokoh utama. Angel, kader dari Partai Beruang, direkrut karena diyakini bisa mengambil hati rakyat dari popularitasnya sebagai artis. Berasal dari partai yang sama, Januari digambarkan sebagai sosok yang paling disegani. Sebab, dia telah menjadi anggota dewan selama dua periode dan memiliki banyak kenalan konglomerat.

Sementara Juki (Axel Christian) pengusaha sukses yang disokong oleh Partai Naga. Meski sudah menjadi anggota dewan, dia tetap menjabat sebagai komisaris di berbagai perusahaan yang bergerak di bidang agrikultur seperti perkebunan kelapa sawit.