Konfabulasi, Film Pendek Pertama yang Direkam dengan Smartphone 5G

Konfabulasi, Film Pendek Pertama yang Direkam dengan Smartphone 5G

Posted on

LirikLaguku.My.id – Galaxy Movie Studio 2021 resmi meluncurkan film pendek pertama yang seluruh adegannya direkam menggunakan inovasi teknologi Samsung Galaxy S21 Ultra 5G. Berjudul “Konfabulasi” dan melibatkan aktor profesional seperti Reza Rahadian dan Dian Sastro Wardoyo,
sutradara profesional Indonesia Angga Dwimas Sasongko merekam adegan demi adegan film dengan mengoptimalkan fitur kamera smartphone Samsung Galaxy S21 Ultra 5G.

Film pendek Konfabulasi Galaxy Movie Studio 2021 dapat disaksikan di Official YouTube Samsung Indonesia mulai 5 Mei 2021. Melalui film “Konfabulasi”, Samsung Indonesia mengklaim kecanggihan inovasi Galaxy S21 Ultra 5G berhasil dibuktikan untuk menghasilkan karya film pendek yang epik.

Konfabulasi merupakan sebuah film pendek bergenre action heist yang bercerita tentang Bilal yang diperankan oleh Reza Rahadian dan Marla yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo yang terhubung melalui sebuah perangkat untuk menjalani proses konfabulasi. Konfabulasi merupakan sebuah proses rekonstruksi memori dengan mengisi memori palsu yang berasal dari arahan, pernyataan, dan tebakan yang masuk akal.

Marla adalah seorang mentor yang berusaha memasuki ingatan dan “mencuri memori” dari Bilal. Di sisi lain, Bilal merupakan seorang agen yang hendak menerima tugas pertamanya. Marla berusaha mengganti repressed memory Bilal dan menggantinya dengan false memory.

Usaha itu membuat Marla masuk ke alam bawah sadar (memori) Bilal dan menggantinya dengan kesadaran baru. Pencurian memori yang dilakukan Marla menghasilkan kesadaran baru Bilal sesuai dengan yang telah dibayangkan.

“Menjalani proses shooting berbekal sebuah smartphone merupakan tantangan baru yang membuat saya bersemangat. Pasalnya, saya harus memastikan setiap adegan, gambar, serta penyampaian karakter pada film pendek ini memberikan hasil yang epik dan tidak kalah dari kamera profesional,” ujar Angga Dwimas Sasongko, sutradara professional Indonesia.

Untuk menghasilkan karya film hanya lewat sebuah smartphone, dia menyebut Galaxy S21 Ultra 5G dimaksimalkan fungsinya dengan fitur Director’s View, low-light, Super Steady, dan merekam dengan resolusi 4K 60fps. Ada juga Laser Auto Focus yang mampu menangkap fokus objek dengan sangat cepat.

Sementara untuk Reza Rahadian yang berperan sebagai Bilal, dia menyebut kalau ini merupakan yang pertama baginya melakoni peran dalam film yang dijepret menggunakan smartphone. “Selama pembuatan film Konfabulasi saya mengalami sendiri bagaimana sebuah inovasi memberikan bermanfaat dan membuka peluang bagi para insan perfilman, maupun anak muda,” ucap Reza.

Dalam kesempatan yang sama, Dian Sastrowardoyo, Juri Galaxy Movie Studio yang juga menjadi mentor Konfabulasi dan berperan sebagai Marla yaitu seorang mentor yang melakukan proses konfabulasi pada Bilal, ia mengaku bahwa proyek ini merupakan sebuah proyek menarik dari awal mendengarnya.

“Walaupun sebagai Team Galaxy sudah beberapa kali membuat konten menggunakan smartphone flagship Samsung, kali ini di Samsung Galaxy Movie Studio, Dian ikut serta mewujudkan sebuah film pendek epik yang diproduksi dengan Galaxy S21 Ultra 5G,” ungkap Dian.

Walau shooting menggunakan Galaxy S21 Ultra 5G, Dian Sastrowardoyo menyebut dapat merasakan level profesionalisme yang sama dengan shooting menggunakan kamera profesional. “Saat menjadi juri di Galaxy Movie Studio 2020, saya melihat kreativitas para sineas muda Indonesia begitu besar,” tukas Dian.