alexametrics

Rentetan Rekor Single Baru BTS, Gelar All-Kill untuk Butter

Posted on

LirikLaguku.My.id – Seperti butter yang terkena panas, Army meleleh ketika single Butter dirilis BTS pada Jumat (21/5). Single tersebut berhasil membuat BTS memecahkan rekor sebagai video musik yang paling banyak ditonton dalam 24 jam pertama di YouTube. Jumlah viewers-nya 113 juta. Angka itu mengalahkan rekor mereka yang didapat dari klip Dynamite dengan 101,1 juta viewers.

Butter juga memecahkan rekor sebagai video musik premiere terbesar di YouTube dengan 3,9 juta concurrent viewers. Selain itu, video musik berdurasi 3 menit tersebut menjadi video musik tercepat yang meraih 10 juta viewers di YouTube. Angka itu bahkan dicapai hanya dalam 13 menit setelah premiere.

Tak sampai di situ. Lagu yang seluruh liriknya berbahasa Inggris itu mendapat predikat all-kill setelah mendominasi tangga lagu real time Korea. Sertifikat all-kill diberikan pada lagu yang menempati posisi pertama di chart harian 24Hits Melon, chart harian dan real time chart Genie dan Bugs, chart harian VIBE, serta chart harian FLO dan iChart.

Kemudian, di ranah global, Butter membuat sejarah di tangga lagu Spotify. Single tersebut diputar oleh 11.042.335 pendengar pada hari pertama. Itu menjadi angka pemutaran hari pertama terbanyak di sejarah Spotify. Butter mengalahkan rekor lagu I Don’t Care yang dibawakan Ed Sheeran dan Justin Bieber pada 2019 (10,9 juta pemutar). Butter juga menempati posisi pertama di tangga lagu iTunes AS dua jam setelah debut.

Meski begitu, angka pendengar dan viewers bukanlah satu-satunya capaian yang ingin diraih BTS. Mereka tentu berharap kembali masuk nominasi Grammy Awards. ’’Butter akan menjadi percobaan lain kami untuk Grammy Awards, dan aku harap kami bisa mendapat hasil yang baik,’’ kata Suga dalam konferensi pers Butter, sebagaimana dilansir dari MTV Australia.

Butter adalah lagu kedua BTS yang berbahasa Inggris setelah Dynamite. Lagu itu ditulis RM bersama Rob Grimaldi, Stephen Kirk, Ron Perry, Jenna Andrews, Alex Bilowitz, dan Sebastian Garcia. RM pun merasa terhormat karena bisa berkontribusi dalam penulisan lagu. ’’Butter dipilih di antara banyak lagu… Itu sudah sangat bagus,’’ ujarnya.