Sejauh Mata Memandang Jadi Inisiator Pameran Fashion Sampah Daur Ulang

Sejauh Mata Memandang Jadi Inisiator Pameran Fashion Sampah Daur Ulang

Posted on

LirikLaguku.My.id – Label Sejauh Mata Memandang (SMM) sudah dikenal selalu mengedukasi masyarakat untuk sadar lingkungan dengan mengelola sampah. Hal itu berdasarkan kesadaran terhadap kondisi sampah tekstil yang menyumbang tumpukan sampah.

Lewat pameran fashion ‘Bumi Rumah Kita’ bekerja sama dengan Wardah & Taco serta Senayan City, pameran ini digelar di Senayan City Lantai 1, Jakarta Pusat dari 29 April-1 Agustus ini 2021. Melibatkan masyarakat untuk bersama-sama mengubah perilaku, menciptakan ekosistem, dan menjadi komunitas yang ramah lingkungan dengan berdasarkan 4 prinsip yaitu kurangi, gunakan kembali, (3) daur ulang, dan terbarukan.

“Perhatian khusus yang memicu Sejauh Mata Memandang untuk terus berkarya, salah satunya adalah fakta menyedihkan mengenai keadaan bumi yang kini darurat sampah, khususnya Indonesia dengan timbunan sampah per tahun yang mencapai 13 juta ton,” kata Pendiri dan Direktur Kreatif SMM Chitra Subyakto, dalam webinar, Kamis (6/5).

Daur ulang sampah tekstil sebagai hasil limbah industri fashion menjadi perhatian khusus bagi SMM. Sebagai label mode, ia memiliki perhatian penuh terhadap lingkungan.

“Setiap pembelian satu baju dari Sejauh Mata Memandang, konsumen telah berkontribusi membantu menyelamatkan lingkungan dengan ikut menanam 1 pohon di Hutan Lindung Leuser, Aceh,” Ujar Chitra.

Ditambah lagi, dari banyaknya timbunan sampah setiap tahunnya, sebesar 46 persen sampah ternyata masih tidak terkelola. Oleh karena itu, SMM konsisten menggelar berbagai inisiatif yang memungkinkan setiap orang untuk berpartisipasi dalam pengelolaan sampah yang bertanggung jawab sekaligus dapat menyelamatkan bumi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani